Senin, 24 Juli 2017

20 januari 2012
C.      Perjalanan
20 januari 2012 jum’at
19.30, kami tiba di terminal lewi panjang yang sebelumnya kami berkumpul di rumah ganjar, dan perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan mobil cery dengan ongkos Rp 15.000, namun kami cukup lama juga menunggu keberangkatan di lewi panjang, karena nungguin penuh dulu, nah pas penuh kita langsung berangkat.
20.06, kami lepas landas dari terminal lewi panjang, kita d mobil cukup menikmati perjalanan sampe-sampe kita terlelap tidur, dan membuat kita segar sesampainya di terminal guntur di garut.
21.55, kia sampai di terminal guntur garut, begitu sampe kita langsung menghubungi orang yang dah janjian buat ngejemput kita dari terminal garut, namanya hamdi, sambil mencoba menghubungi hamdi, kita beristirahat di depan warung sambil menikmati segelas teh eco kesukaannya ganjar tuh, tapi nyampe jam sepuluh lewat, si hamdi ga dateng-dateng, kayanya dah tidur. Ya dah dari situ kita mutusin buat jalan buwat nyari mesjid buat tempat tidur. Dah cukup lama berjalan nyari mesjid g ketemu-ketemu akhirnya kita nemuin sebuah masjid juga.
23.10, kita sudah nyaman di hotel bintang 5 alias mesjid, kita tidur di teras mesjid, dan siap terlelap dengan mimpi-mimpi indah pendakian gunung cikuray.

Hotel bintang lima nih hehehe

21 januari 2012 sabtu
05.12, setelah lelap tertidur, lalu bangun dan menunaikan shlat subuh,
kita bersiap untuk melakukan perjalanan, dan kita sarapan mengisi energi dengan sepiring nasi goreng di pasar ciawi tali, lumayan lah harganya terjangkau Cuma Rp 10.000 dan nasi gorengnya lumayan enak.
07.25, kita bertemu dengan rombongan para pendaki dari jakarta, karna memang kita berencana untuk mendaki bareng sama mereka. Rombongan dari jakarta berjumlah 10 orang. Ketika kita bersiap untuk berangkat, sya mendapaat telpon dari perabu embe alias faisal klo dia sedang di jalan menuju ke garut untuk menyusul kita, ya sudah kita menunggu faisal dan mempersilahkan rombongan dari jakarta untuk berangkat duluan, mreka berangkat dengan menggunakan kendaraan pik up, katanya sih ongkosnya Rp 20.000 per orang. Ya sudah kita nunggu faisal sambil menikmati secangkir kopi.

Depan yomart ngopi sambil nungguin juragan embe
10.20, akhirnya orang yang di tunggu datang juga, kita bertiga bergegas menjemputnya di terminal guntur, setelah bertemu kita tidak menunggu lama lagi, kita segera naik angkot dan berangkat menuju jalur pendakian. Sekarang personil kita bertambah menjadi 4 orng yang tadinya 3 orang, lumayan bisa membuat seru suasana. Tujuan pemberangktan kita sekarang adalah DESA DAYEUH MANGGUNG sebagai rute pendakian, dari terminal kita pake angkot dengan ongkos Rp 3000.
11.00, kita sampei di desa dayeuh manggung dan langsung memulai berjalan kaki menuju tower, di tengah perjalanan kita memilih untuk menggunakan jalan pintas menuju tower, dari dayeuh manggung kita menuju DESA CINYAMPAI sebagai jalur pintas menuju tower, akses jalannya melalui gang dan pesawahan.
12.00, kita tiba di pos evakuasi desa cinyampai. Di sana kita beristirahat sejenak untuk melakukan shlat duhur.
12.25, setelah shlat dan beristirahat kita langsung melanjutkan perjalann menuju tower. Dari desa cinyampai menuju tower, trek yang dilewati adalah perkebunan teh yang sangat indah dan menyejukan mata, namun edannya cukup lumayan melelahkan, hanya sedikit bonus (medan datar) kita dapatkan, ditambah laagi dengan sengatan mataharii yang membuat kita selalu haus, namun selama perjalanan kita juga dapat menikmati pemandangan gunung-gunung yyang mengapit selama perjalanan dikarenakan posisi gunung cikuray yang berada di tengah pegunungan lain, seperti gunung papandayan,  guntur, dan ciremai.

Trek pendakian menuju tower

Trek terakhir menuju tower
13.30, akhirnya kita bisa melepas lelah dan menyantap makan siang di tower. Di tower kita beristirahat dan memasak untuk mengisi tenaga untuk melanjutkan pendakian, karena selepas dari tower kita sama sekali tidak akan mendapatkan bonus lagi. Dan di tower kita juga memenuhi semua persediaan air kita untuk perjalanan.

Istirahat, masak di pos pertama, d tower

15.20, setelah cukup beristirahat dan kenyang mengisi perut yang lapar kami melanjutkan perjalanan lagi. Trek yang tersaji pada jalur awal pendakian cukup menanjak dan menguras tenaga di perkebunan teh, dan ternyata trek yang terus menanjak tersaji sampai puncak. Selama sekitar setengah jam kita melewati perkebunan akhirnya kita mulai masuk kedalam hutan dengan pohon-pohon besar dan rindang. Selama perjalanan kita sering beristirahat untuk menghilangkan rasa cape yang dirasakan karena medan yang sangat berat, sampe-sampe dengkul harus bersentuhan dengan dada bahkan ampe nyentuh jidat, wah pokonya trek yang luar bisa. Waktu terus berlalu sampai sianar matahari tidak lagi menerangi perjalanan kita, dan perjalanan kita kini hanya disinari dengan cahaya head lemp. Perjalanan semakin berat didasakan dikarenakan stamina yang terus menurun dan kondisi jalan yang tidak berubah, tetap menanjak, tidak jarang kita hrus menarik diri kit sendiri dengan meraih pohon yang berada di depan mata kita.
21.30, setelah lama 5 jam lebih berjalan, akhirnya kita sampai di puncak
22 januari 2012
Jam 03.00 tiba-tiba lagi-lagi enak tidur perit saya terasa melilit, mencoba untuk menahan tapi tidak tertahan, akhirnya saya memberanikan diri keluar tenda dengan udara yang begitu dingin menusuk sampai ke tulang, dan hembusan angin yang menggoyangkan tenda-tenda pendaki. Dengan rasa dingin yang dahsyat sya mencari lokasi untuk memuaskan perut saya hehehehe.

05.00, nyenyak tertidur dalm tenda, pagi menjalang kami seera di bangunkan oleh seorang pendaki yang berteriak-teriak mengajak ke puncak untuk melihat matahari terbit, memang dekat dari posisi kita berkemah menuju puncak. Kita begegas menuju puncak untuk menikmati pemandangan kota garut dan mengambil beberapa foto, ternyata di puncakpun ada beberapa tenda yang di dirikan, dan ada juga yang mendirikan tenda di dalam bangunan shelter. Dari puncak cikurai nampak gunung di jawa barat seperti ci remai, papandayan,  bahkan gunung selamat pun terlihat, dan tidak luput dari pantawan kami pantai pamengpek 09.00, kita bergegas untuk turun menuju pemancar sebagai pos pertama

Tempat ngekamp nih, di bawah puncak didkit

Puncak mamen, pantang tugas tak tuntas
13.30, kita tiba ditower, selama perjalann kita bertemu dengan beberapa rombongan pendaki dari berbagai kota.
14.30, kita melanjtkan perjalan, setelah sebelumnya kita istirahat dan menunaikan shlat duhur dan menunggu prem dan ganjar yang tertinggal di belakang, dan dari sini kita hanya melanjutkan perjalanan berdua.